Breaking News
Home / kesehatan / Cek Jantung Anda Sebelum Berolahraga Keras

Cek Jantung Anda Sebelum Berolahraga Keras

   Untuk sebagian lansia yang masih ingin berolahraga, entah itu hanya sebuah pemanasan hingga olahraga rutin sebaiknya periksa terlebih dahulu kesehatan jantung Anda. Tak peduli masih berusia muda ataupun sudah tua, penyakit jantung dapat terjadi dan menyerang siapa saja.

Dikatakan oleh Yoga Yunaidi selaku dokter spesialis jantung bahwa mengecek kesehatan jantung secara rutin sangatlah penting. Dia juga mengatakan bahwa cek kesehatan itu jangan menunggu apabila sudah terkena penyakit atau setelah merasakan gejala tidak enak.

“Bahkan kala kita merasa sangat sehat, ataupun tidak memiliki keturunan penyakit berat dari keluarga, namun melakukan pemeriksaan itu penting. Jangan sampai menunggu sudah parah,” ujarnya.

Ditambah dengan pola hidup di perkotaan yang pada umumnya memanglah tidak sehat. Kebanyakan orang tidak peduli akan menjaga pola makan, mereka keseringan lebih senang mengonsumsi seperti makanan junk food, makan makanan yang tinggi lemak, serta mengandung gula yang berlebihan.

Lebih parahnya bersama dengan pola makan yang sepert itu, mereka masih saja tidak diikuti dengan aktivitas fisik atau gaya hidup sedentary. Disamping itu banyak juga faktor risiko lainnya, diantaranya seperti kebiasaan merokok dan juga stres.

Kemudian dia menjelaskan, bahwa pemeriksaan jantung dapat dilakukan dengan alat rekam EKG atau Elektrokardiogram. Alat ini akan bisa mendeteksi jika terjadi kelainan dalam irama jantung. Lalu TMT atau treadmill test juga dapat dilakukan untuk membantu pemeriksaan EKG.

Dia turut mengatakan agar tidak menganggap sepele saat terjadi gejala-gejala dari penyakit jantung, yakni sesak napas, pusing, pingsan, sampai keringat dingin. Disamping itu ada pula Ari Fahrial Syam selaku Dokter spesialis penyakit dalam, yang turut menambahkan, bahwa ada banyak penyakit dan juga cara mengcek kesehatan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Seperti diantaranya mengecek tingkat gula darah, kadar Kolesterol, asam urat, jantung, sampai tekanan darah.

Dia lalu menegaskan bahwa kurangnya olahraga rutin ditambah dengan konsumsi makanan yang tidak tepat akan memicu banyak penyakit di usia lanjut. “Sangat dianjurkan untuk segera check up terutama bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun yang obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida, diabetes mellitus (DM), riwayat keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga rutin serta kerap mengalami stres.”

Baca Juga :

Iklan

About kang odon

Check Also

Olahraga untuk Mencegah “Sarang Laba-laba” pada Kulit

   Biasanya hal ini terjadi pada wanita, dimana timbul tonjolan pembuluh darah serta juga tampak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *