Breaking News
Home / info olahraga / Manfaat Kesehatan dari Olahraga Squash

Manfaat Kesehatan dari Olahraga Squash

   Olahraga Squash seperti yang telah di ceritakan sebelumnya, memang bukanlah permainan dari Indonesia, akan tetapi lahir dari negara Inggris. Permainan yang hampir mirip dengan tenis lapangan. Kedua olahraga tersebut mempunyai banyak kesamaan, walau ada sejumlah perbedaan khususnya. Kesamaannya adalah penggunaan alat yang mirip, dimana antara tenis lapangan dan squash sama-sama menggunakan alat pemukul berupa raket tenis.

Pada dasarnya squash adalah suatu bentuk olahraga, jadi otomatis akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Baik dalam kesehatan jasmani ataupun rohani. Sedikit manfaat dari olahraga squash untuk kesehatan tubuh:

1. Menguatkan otot-otot lengan

Seorang pemain squash haruslah memukul bola sekeras dan sekuat mungkin, agar mampu mematikan permainan lawan. Disamping itu olahraga squash ini juga memerlukan jangka waktu yang cukup lama dalam setiap setnya, sehingga membutuhkan otot lengan yang terlatih untuk bekerja keras. Dengan latihan yang rutin, maka otot lengan akan menjadi lebih kuat dan mampu untuk melakukan aktivitas yang cukup berat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Seseorang akan dipaksa untuk melakukan gerakan yang menguras energy ketika sedang bermain squash. Hal ini berdampak pada membukanya saluran peredaran darah, terutama yang menuju ke arah jantung. Sehingga sirkulasi darah dalam tubuh yang melalui jantung akan berjalan dengan baik.

3. Melatih kejelian mata

Pada saat bola dipukul untuk dipantulkan dari dinding, bola akan meluncur dengan cepat. Pada saat inilah, diperlukan kemampuan mata dalam melihat arah bola akan datang. Mereka yang terbiasa melihat datangnya bola dengan cepat, secara tidak langsung akan melatih kekuatan otot mata guna menangkap reflek yang datang secara cepat.

4. Mengurangi berat badan

Olahraga ini mampu membakar kalori dalam tubuh seseorang hingga mencapai 270 kalori setelah bermain selama 30 menit. Dengan adanya pembakaran kalori yang juga diikuti dengan keluarnya lemak melalui keringat, maka seseorang bisa menurunkan berat badannya hingga mencapai ukuran yang ideal.

Kemudian dari sisi psikologi atau mental, mereka yang tengah dalam keadaan emosi, disarankan untuk bermain squash dan melampiaskan emosi mereka di lapangan squash. Dengan memukul bola sekeras-kerasnya ke arah dinding diharapkan seseorang bisa melampiaskan emosi yang ada sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru pada nantinya.

Baca Juga :

Iklan

About kang odon

Check Also

Jenis Olahraga yang Gagal Menjadi Bagian Olimpiade

   Mengingat jumlah acara di Olimpiade yang semakin kembung saat ini, sulit untuk percaya bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *