Breaking News
Home / info olahraga / Manfaat Olahraga Parkour dalam Segi Kehidupan

Manfaat Olahraga Parkour dalam Segi Kehidupan

   Ada banyak manfaat yang dapat kita petik dari olahraga parkour, salah satunya dilihat dari nilai-nilai dan sudut kehidupan para pemainnya. Karena manusia sendiri pasti akan menghadapi yang namaya masalah selama menjalani kehidupan. Orang yang selalu merasa takut untuk mencoba sesuatu serta tidak mau melakukan perbuatan apapun, maka orang lain akan meremehkannya.

Apabila hal tersebut tidak dilawan, yang ada perasaan takut ini akan menjadi hambatan utama untuk memperoleh suatu kemajuan atau keberhasilan. Dilain sisi, keberanian ketika melakukan sesuatu harus tetap disesuaikan juga dengan nyali. Karena apabila melakukan sebuah tindakan dengan rasa takut, maka tindakan tersebut malah dapat menjadi suatu kecerobohan yang bisa mengakibatkan risiko kecelakaan.

Oleh karenanya antara perasaan takut dan keberanian harus dibuat agar seimbang, agar berani berbuat sesuatu dengan perhitungan yang cermat dan akurat. Melalui olahraga parkour, setiap pemain akan mendapat ajaran tentang hal tersebut.
Berikut manfaat dalam segi kehidupan yang dapat kita rasakan dari olahraga parkour ini:

1. Bangkit dari kegagalan atau keterpurukan

Tidak aneh bukan bila manusia menghadapi suatu kegagalan baik dalam urusan bisnis, kerja,  hubungan asmara, pendidikan, atau yang lainnya. Sudah tidak aneh juga apabila kegagalan tersebut membuat seseorang menjadi terpuruk bahkan sampai kehilangan semangat dalam menjalani kehidupan.

Walau demikian, jika manusia punya niat tinggi untuk berusaha bangkit untuk berdiri dan mau mengatasi masalah yang sedang melilitnya niscaya dia akan menemui keberhasilan yang lebih bagus. Begitu juga dalam parkour, pada saat seseorang gagal ditengah usahanya ketika melakukan sebuah gerakan yang membuat tubuhnya jatuh, dia harus segera bangkit dan mencobanya kembali. Semua itu dilakukannya sampai berhasil menguasai gerakan dengan baik dan benar.

2. Meningkatkan semangat hidup

Dengan rajin melakukan latihan parkour, maka semangat hidup seseorang akan selalu bertambah tinggi. Sebab kegiatan ini selalu dilakukan di tempat dan lokasi yang baru. Lokasi tersebut tentunya yang bisa membuat orang tersebut harus selalu belajar untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri pada lingkungan baru.

Meski kadangkala lingkungan yang masih baru ini pada awalnya terasa kurang nyaman, untuk itu akan belajar mengenai proses adaptasi yang baik. Jadi intinya adalah parkour mengajak setiap pemainnya agar bisa bersikap flesibel dimana saja berada, sehingga tetap mempunyai semangat hidup yang tinggi meskipun sedang menghadapi masalah berat.

3. Bebas untuk berkreasi

Setiap pemain parkour mempunyai kebebasan untuk melakukan kreasi dan menciptakan gaya dan gerakan atau menggabungkan beberapa dasar gaya sekaligus yang memunculkan gerakan yang lebih baru. Hal ini mendorong pemain tersebut juga berani berkreasi dalam kehidupan sehingga memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi. Bahkan lebih dari itu parkour juga memberikan ajaran kepada semua orang agar bebas bergerak tanpa melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan.

4. Memperoleh ketenangan

Parkour dapat mengajarkan seseorang untuk menjadi lebih tenang dalam berpikir maupun bertindak, terutama ketika akan melakukan suatu kegiatan yang diinginkan. Ketenangan ini akan menimbulkan dampak yang lain, yaitu lebih berkonsetrasi dan fokus pada tindakan tersebut. Sehingga segala macam urusan dan masalah dalam kehidupan bisa diselesaikan dengan baik sekaligus menghilangkan tekanan jiwa atau stres.

Baca Juga :

Iklan

About kang odon

Check Also

Jenis Olahraga yang Gagal Menjadi Bagian Olimpiade

   Mengingat jumlah acara di Olimpiade yang semakin kembung saat ini, sulit untuk percaya bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *