Breaking News
Home / info olahraga / Olahraga yang Cocok bagi Penderita Diabetes

Olahraga yang Cocok bagi Penderita Diabetes

   Di jaman yang modern ini tidak jarang orang-orang yang terkena penyakit diabetes. Untuk mengatasi diabetes ini salah satunya adalah dengan berolahraga, ada yang dikenal sebagai olahraga diabetes. Dengan teratur berolahraga maka kandungan gula dalam darah pun semakin berkurang, sehingga mampu untuk memperbaiki tubuh. Disamping mengatur pola makan sebelum dan sesudah beraktivitas olahraga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan khusus pada penderita diabetes ini.

Untuk berolahraga yang aman, para penderita diabetes sebaiknya mengikuti langkah berikut:

– Mengetahui kadar gula dalam tubuhnya sendiri. Disarankan bagi para penderita diabetes agar mempunyai alat yang dapat mengukur kadar gula tersebut.
– Jika memakai insulin sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Sebelum, selama, dan setelah berolahraga pastikan untuk terus memeriksa kadar gula darah. Kurangi porsi olahraga apabila kadar gula darah berkisar 220-249 mg/dl, terlebih mencapai 249, maka segera hentikan aktivitas olahraga.
– Apabila yang tidak menggunakan insulin, juga harus selalu melakukan pengecekan kadar gula darahnya.

Tips menjaga kadar gula darah:

– Apabila tingkat kadar gula yang rendah, dianjurkan untuk konsumsi jus, buah-buahan, susu, atau cracer. Terus lihat kadar gula darahnya, apabila telah kembali normal, maka dapat kembali berolahraga.
– Selalu membawa makanan berkabohidrat, contohnya permen, minuman bergula, gula pasir, tablet glukosa. Upaya ini untuk mengantisipasi apabila kadar gula setelah olahraga terlalu rendah.
– Sebelum olahraga periksa dulu denyut nadi. Maksimal denyut nadi adalah 220 dikurangi umur. Lalu optimalnya denyut nadi itu berkisar 60-70 % dari angka maksimal.
– Sebelum, selama, dan setelah berolahraga pastikan selalu minum air putih. Pastikan tubuh untuk selalu terhidrasi, jangan sampai kekurangan cairan. Sebab dehidrasi mampu meningkatkan kadar gula dalam darah.
– Sesudah dan sebelum berolahraga sebaiknya memeriksa kaki. Apabila ada luka harus segera diobati. Hal yang penting untuk para penderita diabetes adalah menggunakan alas kaki atau sepatu yang nyaman dan pas.
– Tidak semua jenis olahraga akan bermanfaat bagi penderita diabetes. Dianjurkan 3 jenis olahraga seperti angkat beban, peregangan, dan aerobic. Olahraga aerobic contohnya yang paling sederhana adalah berjalan kaki, bersepeda, dll.
– Mereka yang menderita diabetes juga memiliki intensitas olahraga yang rendah, seperti pilates, yoga, atau juga berjalan ringan kira-kira 30 menit setiap harinya. Usahakan melakukannya 5 kali dalam seminggu, usahkan juga untuk menghindari kegiatan yang terlalu aktif, karena gerakan yang terlalu aktif ini dapat memperparah kondisi mata dari penderita.

Kemudian olahraga angkat beban juga dapat membuat kadar gula menurun, hal ini akan lebih efektif daripada dengan diet. Tentunya harus dibarengi dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Oleh karenanya produksi insulin dalam tubuh akan terkontrol dan dapat menstabilkan kadar gula darah.

Baca Juga :

Iklan

About kang odon

Check Also

Jenis Olahraga yang Gagal Menjadi Bagian Olimpiade

   Mengingat jumlah acara di Olimpiade yang semakin kembung saat ini, sulit untuk percaya bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *