Breaking News
Home / kesehatan / Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan

Pentingnya Olahraga Untuk Kesehatan

   

Banyaknya makanan yang kita konsumsi penting untuk diimbangi dengan kegiatan/aktivitas fisik kita, bila aktivitas kita hanya duduk-duduk di kantor atau jarang sekali melakukan aktivitas yang berat padahal makanan yang kita makan banyak mengandung kalori, hasilnya kelebihan energi ini akan disimpan sebagai cadangan lemak dan bila cadangan lemak semakin menumpuk maka akan mengakibatkan tubuh menjadi kegemukan (overweight) kemudian akan menjadi obesitas.

Cara yang paling baik untuk mencegah kegemukan adalah menghitung makanan yang kita makan dengan aktivitas yang dilakukan, gampangnya kalau kita makan banyak, aktivitas kita harus banyak/aktif, bila aktivitas kita tidak banyak berarti kita perlu berolah raga untuk menyeimbangkannya.

Olahraga sederhana saja, misalnya lari, olahraga di lapangan, atau menggunakan alat olahraga seperti di tempat fitness.

Para peneliti kesehatan di Inggris meminta kepada dokter maupun konsultan kesehatan medis, untuk merekomendasikan pasien agar melakukan olahraga ringan (berlari di trackmil) minimal 150 menit dalam satu minggu.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka pengidap diabetes dan penyakit jantung, yang saat ini menjadi salah satu penyakit paling mematikan.

Prof Philipe de Souto Barreto dari University Hospital of Toulouse, menyebutkan bahwa kurangnya aktivitas olahraga menjadi salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern saat ini. Hal tersebut tentu saja memberi dampak buruk bagi mereka, misalnya otot yang menyusut, tulang rapuh, kegemukan atau obesitas serta gangguan kesehatan lainnya.

Meski teknologi medis sudah berkembang pesat, namun tidak menjadi jaminan bagi masyarakat saat ini untuk hidup lebih sehat. Hal itu dikarenakan kebiasaan buruk masyarakat yang menginginkan segala sesuatu dengan cepat dan instan, tanpa harus mengeluarkan keringat.

“Sebab itu, para dokter harus memberikan saran kepada pasien yang datang mengenai pentingnya berolahraga ringan. Hal ini dapat menyadarkan pasien untuk mengadopsi pola hidup sehat dengan berolahraga,” katanya .

Baca juga :

Lalu bagaimana cara olah raga yang menyehatkan? Berikut ini beberapa tips olah raga yang sehat :

  • Pemanasan sangat penting. Otot-otot kita harus dipersiapkan sebelumnya. Lakukan selama 5-10 menit dengan aktivitas perlahan.
  • Frekuensi sangat menentukan, seberapa sering kita berolah raga dalam seminggu, yang paling baik 3-5 kali dan ini harus dilakukan secara teratur.
  • Intensitas olah raga (besarnya upaya yang dilakukan). Berolah raga harus sampai berkeringat dan bernafas dengan dalam. Jangan sampai timbul rasa tidak nyaman,usahakan denyut jantung meningkat sampai 60-90 % dari normal.
  • Waktu juga menentukan. Penelitian menunjukkan bila kita melakukan olah raga selama 30 menit akan sama hasilnya dengan olah raga selama 10 menit yang dilakukan 3 kali dengan intensitas yang sama.
  • Pendinginan jangan disepelekan. Bila kita habis berolahraga berat dan berhenti tiba -tiba, kita dapat mengalami kekakuan otot (kram otot), merasa lemah, pusing bahkan bisa sampai pingsan.
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan atau melakukan peregangan lambat selama 5-10 menit setelah aktivitas olah raga yang berat.

Iklan

About kang odon

Check Also

Olahraga untuk Mencegah “Sarang Laba-laba” pada Kulit

   Biasanya hal ini terjadi pada wanita, dimana timbul tonjolan pembuluh darah serta juga tampak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *