Breaking News
Home / kesehatan / Virus Zika: WHO menolak ‘penundaan Olimpiade Rio ‘

Virus Zika: WHO menolak ‘penundaan Olimpiade Rio ‘

   Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menolak panggilan untuk memindahkan atau menunda Olimpiade Rio musim panas ini selama wabah Zika. Dikatakan, ini akan “tidak mengubah secara signifikan ” penyebaran virus, yang terkait dengan cacat lahir yang serius.

Dalam sebuah surat terbuka kepada WHO, lebih dari 100 ilmuwan terkemuka mengatakan temuan baru tentang Zika membuatnya “tidak etis” untuk Olimpiade untuk terus maju. Mereka juga mengatakan badan kesehatan dunia harus kembali meneliti tentang Zika.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan pihaknya melihat ada alasan untuk menunda atau memindahkan Games karena penyakit yang ditularkan nyamuk ini.

Wabah mulai menyebar di Brazil tahun lalu, tapi sekarang lebih dari 60 negara dan wilayah telah terjangkit transmisi.

Bila memang gejala Zika ini terbilang adalah ringan, dalam surat itu para ahli mengatakan hal itu menyebabkan bayi lahir dengan kepala abnormal kecil dan juga dapat menyebabkan sindrom neurologis langka dan kadang-kadang fatal pada orang dewasa. Surat itu ditandatangani oleh 150 ilmuwan internasional, dokter dan ahli etika medis dari lembaga-lembaga seperti Oxford University dan Harvard dan Yale universitas di Amerika Serikat.

Mereka mengutip kegagalan program pemberantasan nyamuk di Brazil, dan “melemahnya” sistem kesehatan negara itu sebagai alasan untuk menunda atau memindahkan Olimpiade di “nama kesehatan masyarakat”.

“Sebuah risiko yang tidak perlu diajukan ketika 500.000 wisatawan asing dari semua negara menghadiri Games, berpotensi memperoleh strain, dan kembali ke rumah untuk tempat-tempat itu bisa menjadi endemik,” kata surat itu.

Risiko terbesar, itu menambahkan, adalah jika atlet terjangkit virus dan kembali ke rumah untuk negara-negara miskin yang belum mengalami wabah Zika. Mereka juga mengungkapkan keprihatinan WHO memiliki konflik kepentingan karena kemitraan dengan IOC. Karena Olimpiade Rio akan berlangsung antara 5 dan 21 Agustus.

Dalam sebuah pernyataan, WHO, yang telah menyatakan virus Zika keadaan darurat kesehatan masyarakat global, mengatakan: “Brazil adalah salah satu dari hampir 60 negara dan wilayah yang sampai saat ini laporan terus transmisi Zika oleh nyamuk.

“Orang-orang terus melakukan perjalanan antar negara-negara tersebut dan wilayah untuk berbagai alasan. Cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit adalah mengikuti saran wisata kesehatan masyarakat.”

Beberapa ahli kesehatan masyarakat sebelumnya memperingatkan bahwa ratusan ribu orang tiba di Rio akan mempercepat penyebaran Zika dan mengarah pada kelahiran bayi dengan kerusakan otak.
Tetapi pada hari Kamis lalu, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang saran dikutip setuju dalam surat itu, kata ancaman tidak menjamin menghentikan Games.

“Tidak ada alasan kesehatan masyarakat untuk membatalkan atau menunda Olimpiade,” kata Dr Tom Frieden. Namun, ia mendesak AS untuk bertindak lebih cepat untuk mencegah wanita hamil tertular Zika, di tengah kebuntuan kongres dari rilis dari $ 1,9 miliar (£ 1,3 milyar) dalam pendanaan.

Iklan

About kang odon

Check Also

Olahraga untuk Mencegah “Sarang Laba-laba” pada Kulit

   Biasanya hal ini terjadi pada wanita, dimana timbul tonjolan pembuluh darah serta juga tampak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *